21 February 2018/Bee

Madu merupakan cairan menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Jika tawon madu sudah berada dalam sarang, nektar akan dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah bersama tawon lain, lalu ditempatkan pada sel sarang tawon untuk difermentasi sehingga menghasilkan madu

Lebah secara terus-menerus membuat madu karena madu adalah makanannya. Proses membuat madu sebenarnya adalah cara untuk menyimpan makanan untuk koloni lebah. Madu yang dihasilkan setiap koloni lebah berbeda-beda warna dan cita rasanya, tergantung pada sumber nektarnya. Karena itu madu memiliki rasa dan warna yang berbeda. Alasan terbesar mengapa lebah membuat madu ialah karena madu itu adalah bahan makanan dari lebah itu sendiri. Jadi, proses pembuatan madu itu tidak lain adalah mengumpulkan makanan untuk koloni lebah dalam satu sarang lebah. Langkah pertama yang dilakukan seekor lebah adalah mendatangi setangkai bunga dan menghisap nektar atau air madunya.

Alasan terbesar mengapa lebah membuat madu ialah karena madu itu adalah bahan makanan dari lebah itu sendiri. Jadi, proses pembuatan madu itu tidak lain adalah mengumpulkan makanan untuk koloni lebah dalam satu sarang lebah

Tahap mencari Nektar

Nektar dikumpulkan oleh Lebah Pekerja ke dalam perutnya dengan menggunakan proboscis & kemudian di bawa pulang ke sarangnya.  Lebah memiliki lidah menyerupai belalai yang disebut proboscis yang digunakan untuk menyedot nektar bunga.

Tahap mengisap Nektar

Lebah disarang yang menunggu di sarangnya (biasanya lebih muda) akan menggunakan proboscisnya untuk mengisap nektar dari perut lebah pekerja.

Tahap menambahkan Enzim

Lebah sarang kemudian mengubah nektar menjadi madu mentah dengan menambahkan berbagai enzim dari mulut & perutnya.

Tahap menyimpan Madu

Madu mentah yang masih mengandung  air yang sangat tinggi ini kemudian disimpan di dalam sarang atau tempat madu.

Tahap mematangkan madu

Kadar air dalam Madu mentah akan berkurang \hingga nampak kental di bawah 20% dengan bantuan enzim,  suhu & kepakan  sayap lebah di dalam sarangnya.   Madu dengan kondisi kental ini yang kemudian dianggap matang.

Tahap melindungi madu

Madu yang sudah jadi ini kemudian akan dilindungi dan disimpan dengan bantuan lilin yang dihasilkan dari semacam lembaran di bawah perut lebah.  Selanjutnya madu matang ini siap untuk digunakan oleh koloni lebah madu atau dipanen oleh manusia.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe for weekly news
Follow us